3 Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Mobil

Krisis ekonomi global yang hampir merata melanda seluruh negara, sudah pasti berpengaruh kepada industri otomotif, termasuk di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, setidaknya ada 3 hal yang mempengaruhi penjualan mobil di Indonesia.
Menurut Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan saat peluncuran Toyota New Avanza di Hotel Gran Melia Jakarta, penjualan mobil di Indonesia tak bisa lepas dari dana yang dikucurkan perbankan untuk pembiayaan kredit. Pasalnya sebagian besar konsumen masih membeli mobil secara kredit. Untuk itu, sektor ini tergantung kebijakan perbankan untuk mengucurkan kredit.

Selanjutnya, tambah Johnny, level suku bunga juga menentukan minat orang membeli mobil. Jika suku bunga tinggi, maka biaya yang harus dikeluarkan konsumen untuk membayar kredit mobil per bulannya juga akan tinggi. Tak kalah penting, melemahnya nilai tukar rupiah yang berpengaruh pada kenaikan harga komponen maupun mobil yang diimpor.

Melihat faktor-faktor tersebut, Johnny yakin penjualan mobil pada 2009 akan turun pada kisaran 500.000 unit. Sementara selama 2008 ini, penjualan mobil Nasional diprediksi akan menyentuh angka 600.000 unit. Johnny belum melihat adanya penurunan signifikan di akhir tahun ini. Meski mengalami penurunan selama September dibanding bulan sebelumnya, permintaan untuk model-model tertentu masih cukup tinggi. Penurunan lebih disebabkan keterbatasan suplai ke konsumen bukan karena pasar sudah tidak bisa menyerap lagi.

Semester pertama 2009, akan menjadi pukulan berat, ini berkaitan dengan rencana BI yang baru akan menurunkan suku bunga menjadi 8,5 persen pada akhir tahun depan. Saat ini suku bunga BI sebesar 9,5 persen. “Konsumen mungkin akan menahan dananya sampai pasar benar-benar mendukung,” katanya.

Mengenai dampak bagi penjualan Toyota sendiri, Johnny berkomentar, pihaknya tetap mencoba mempertahankan market share sebesar 33 hingga 34 persen dari total penjualan Nasional. “Jika penjualan total mencapai 500.000 unit dengan market share 33 hingga 34 persen, maka segitulah target kami,” katanya.
* okezone

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: